Senin, 03 November 2014

MCDONALD & KFC

SEJARAH MCDONALD

Bisnis perusahaan ini dimulai pada tahun 1940 dengan dibukanya sebuah restoran oleh Dick dan Mac McDonald, di San Bernardino, California. Mereka memperkenalkan "Speedee Service System" pada tahun 1948, yang kemudian menjadi pinsip dasar restoran siap-saji moderen. Maskot awal McDonald's, yang bernama Speede, adalah seorang pria dengan kepala berbentuk hamburger yang menggunakan topi koki. Speede kemudian digantikan oleh Ronald McDonald pada tahun 1963.

McDonald's saat ini tidak menjadikan tahun 1940 sebagai tahun kelahiran restoran McDonald's. Mereka memilih 15 April 1955, ketika Ray Kroc membeli lisensi waralaba McDonald's dari Dick dan Mac di Des Plaines, Illinois, sebagai hari kelahirannya.[3] Kroc kemudian membeli saham dari McDonald's bersaudara dan memimpin perusahaan ini melakukan ekspansi ke seluruh dunia. Saham McDonald's mulai dijual kepada publik tahun 1965.[4].

Sifat agresif yang dimiliki Kroc bertentangan dengan keinginan McDonald bersaudara. Kroc dan McDonald bersaudara bertikai untuk mengontrol bisnis ini, namun akhirnya McDonald bersaudara lah yang pergi meninggalkan perusahaan. Pertikaian ini didokumentasikan baik dalam otobiografi Kroc maupun otobiografi McDonald bersaudara. Situs di mana McDonald bersaudara pertama kali mendirikan restoran kini dijadikan monumen.[5]

Dengan ekspansi agresifnya ke seluruh penjuru dunia, McDonald's dijadikan sebagai simbol globalisasi dan penyebar gaya hidup orang Amerika

SEJARAH KFC

Kolonel Sanders atau Harland David Sanders Lahir: 9 September 1890 dan meningal tanggal 16 December 1980. Lahir dan dibesarkan di Henryville, Indiana. Kolonel Sanders melewati beberapa profesi dalam hidup, dengan keberhasilan yang beragam.

Kolonel Sanders menjual ayam goreng buatannya pada tahun 1930 ditengah-tengah Depresi Besar. disebuah pompa bensin milikinya Corbin Utara sebuah kota kecil di tepi Pegunungan Appalachian selatan timur Kentucky.

Ruangan makan bernama Sanders Court & CafÈ, yang dibilang cukup berhasil dan dia diberi gelar kehormatan Kentucky Kolonel pada tahun 1936 oleh Gubernur Kentucky Ruby Laffoon.

Tahun berikutnya restorannya diperluas menjadi 142 kursi dan dia mulai menambahkan sebuah motel yang ia beli di seberang jalan. Ketika Sanders mempersiapkan restoran ayam aslinya di North Corbin, ia menyajikan ayam dalam wajan besi, yang memakan waktu sekitar 30 menit memasak (tapi terlalu lama untuk operasi restoran).

Pada Tahun 1939, Sanders mengubah proses memasak ayam goreng nya dan menggunakan Pressure frying. sehingga sewaktu memasak sangat berkurang dibandingkan dengan digoreng.

KEUNGGULAN MASING-MASING PRODUK

Persamaan diantara dua brand ini diantaranya :

1. Memiliki produk utama yang sama, yakni fried chicken atau ayam goreng yang diberi tepung bumbu khusus ala racikan para penciptanya.
2. Memiliki fasilitas yang hampir sama, seperti tempat untuk makan, Wi-fi, bahkan beberapa PC yang disediakan untuk para pelanggannya.
3. Memilik varian menu yang beragam, sehingga pengunjung tidak hanya disuguhkan menu ayam goreng saja.
4. Selalu ada penambahan menu dan berbagai produk baru.
5. Tersebar luas dimana-mana.

PERBEDAAN ANTARA KEDUA PRODUK

Sedangkan beberapa perbedaannya adalah :

1. Untuk sajian makanannya, KFC menggunakan piring, sedangkan McD tidak.
2. Biasanya para pelanggan KFC lebih puas untuk mengambil saus, sedangkan di McD disediakan tempat kecil untuk sausnya.
3. Harga sebagian besar produk di McD lebih mahal dibanding KFC.
4. Namun, biasanya konsumen memilih McD, karena McD lebih nyaman untuk dijadikan tempat hang-out atau ngobrol berlama-lama.
5.Untuk saat ini, ragam minuman lebih banyak di KFC, apalagi dengan harganya yang terjangkau, sangat menarik konsumen untuk mencicipinya.
6. KFC selalu bekerja sama dengan beberapa artis dengan cara membeli sebuah paket makanan dan mendapatkan CD album dari artis tertentu. Hal ini sebenarnya dilakukan untuk mengurangi pembajakan dan lebih menghargai karya para artis dan musisi Indonesia agar tak kalah saing dengan penjualan CD artis luar negeri.
7. Untuk rasa, keduanya memiliki cita rasa yang berbeda namun tetap nikmat dan dapat menarik pelanggannya.

1 komentar:

Iqbal Haswan mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar